Pertimbangan Dalam Membangun Kolam Renang Rooftop

Andi Pool (Jasa Pembuatan, Perawatan, dan Renovasi Kolam Renang, Kolam Ikah Hias Koi, Kolam Taman Air, Kolam Kaca, dan Kolam Alami di Kota Surabaya) - Apa Saja Pertimbangan Membangun Kolam Renang Rooftop? Temukan Jawabannya Disini!
Andi Pool (Jasa Pembuatan, Perawatan, dan Renovasi Kolam Renang, Kolam Ikan Hias Koi, Kolam Taman Air, Kolam Kaca, dan Kolam Alami di Kota Surabaya)

Kolam Renang Rooftop adalah kolam yang dibangun di atas pelat atap karena keterbatasan ruang di tanah atau untuk meningkatkan estetika atap. Kolam Rooftop sedikit berbeda dari kolam dalam dalam hal instalasi dan persyaratan struktural. Lebih hati-hati harus dilakukan saat merancang kolam atap untuk mencegah kebocoran dan masalah struktur atap terkait.

Well, Artikel ini menjelaskan beberapa faktor penting yang harus diperhatikan dalam mendesain kolam renang rooftop. Berikut ulasannya.

Perencanaan Kolam Renang Rooftop
Andi Pool (Jasa Pembuatan, Perawatan, dan Renovasi Kolam Renang, Kolam Ikan Hias Koi, Kolam Taman Air, Kolam Kaca, dan Kolam Alami di Kota Surabaya)

Sebelum memutuskan untuk membangun kolam renang rooftop, beberapa poin penting yang harus diperhatikan adalah:
  • Kemampuan bangunan untuk mendukung kolam renang
  • Perlindungan bangunan terhadap kebocoran
  • Izin dan izin untuk membangun kolam renang
  • Perlu penambahan perkuatan struktur bangunan untuk menopang kolam

Setelah memutuskan untuk memiliki kolam renang atap, penting untuk memilih kontraktor yang tepat dengan keahlian yang relevan untuk membangunnya. Kontraktor atau insinyur berpengalaman memastikan bahwa kondisi bangunan baik dan menguntungkan untuk pembangunan kolam.

Pertimbangan untuk Konstruksi Kolam Renang Rooftop
Andi Pool (Jasa Pembuatan, Perawatan, dan Renovasi Kolam Renang, Kolam Ikan Hias Koi, Kolam Taman Air, Kolam Kaca, dan Kolam Alami di Kota Surabaya)

Beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam membangun kolam renang atap adalah:
  • Lokasi Kolam Renang Atap - Sebelum memutuskan lokasi kolam atap, perlu untuk mempertimbangkan operasi hidrolik yang terkait dengannya. Itu harus ditempatkan di tempat yang mudah diakses sehingga pekerjaan pemeliharaan dapat dilakukan dengan mudah. Dalam kebanyakan kasus, kolam renang dibangun di dalam area tertutup.
  • Dukungan Struktural yang Andal - Kolam renang atap adalah struktur padat yang menangani sejumlah besar air di dalamnya. Ukuran dan bentuk kolam harus sesuai dengan ukuran dan stabilitas bangunan. Keputusan ini dilakukan lebih baik oleh kontraktor atau insinyur profesional agar atap tetap kokoh dan aman untuk digunakan.

Misalnya, kolam standar dengan dimensi 24' x 12' x 4' kolam dalam memiliki berat lebih dari 31.500 kg. Oleh karena itu, kolam renang rooftop membutuhkan sistem struktur yang kokoh untuk menopangnya. Kolam renang di sebagian besar bangunan bertingkat tinggi dibangun bersamaan dengan struktur lainnya. 


Sebagian besar bangunan bertingkat tinggi terbuat dari beton, dan karenanya kolam renang yang dibangun adalah cangkang beton yang terbuat dari lempengan dan dinding. Cangkang beton yang telah selesai dibuat dengan liner, ubin, atau opsi kedap air lainnya. Desain struktural tambahan diperlukan jika bangunan berada di zona seismik dengan kolam yang terletak di tingkat yang lebih tinggi.

Pemilihan Bahan
Andi Pool (Jasa Pembuatan, Perawatan, dan Renovasi Kolam Renang, Kolam Ikan Hias Koi, Kolam Taman Air, Kolam Kaca, dan Kolam Alami di Kota Surabaya)

Perhatian utama dengan konstruksi kolam renang adalah kebocoran air. Bahan yang paling populer digunakan untuk mencegah kebocoran di kolam adalah campuran beton bertulang. Membangun kolam renang atap beton memberikan beban besar pada struktur yang ada. Sebuah bangunan dengan fondasi yang lemah dapat runtuh jika tidak dirancang untuk menahan beban tersebut. 

Jadi, saat ini, stainless steel digunakan untuk konstruksi kolam renang baik di dalam maupun di atap. Kolam renang stainless steel ringan dan tetap kuat untuk jangka waktu yang lebih lama. Kolam renang atap baja tahan karat terdapat di dalam struktur yang diperkuat dengan rangka baja yang kokoh.

Bentuk Kolam
Bentuk kolam harus direncanakan dengan baik untuk memastikan bahwa ia dapat dengan aman memindahkan berat kolam dan air ke elemen struktur di bawahnya. Kolom, pelat, dan dinding di bawah struktur kolam harus dengan aman memindahkan beban ke elemen di bawahnya.

Faktor Risiko
Pemompaan air melalui pipa-pipa ke dalam kolam dapat menimbulkan getaran yang dapat mengganggu penghuni bangunan pada malam hari. Penggunaan pompa diam dapat diadopsi untuk mengatasi situasi ini.

Risiko lain yang terkait dengan kolam renang atap adalah kebocoran air. Direkomendasikan untuk membangun pelat beton tahan air kedua untuk kolam beton atau lapisan kedap air lanjutan untuk jenis kolam lainnya agar tidak bocor.

Struktur pada suhu yang berbeda mengembang atau mengerut secara berbeda. Jadi, struktur kolam harus diisolasi dari struktur sekitarnya menggunakan sambungan konstruksi untuk meminimalkan retak akibat gerakan diferensial.

Kolam di atap bukanlah pilihan untuk setiap bangunan, itu mahal dan melibatkan risiko jika dibandingkan dengan kolam di dalam tanah. Namun hal ini dapat diatasi dengan membangun bangunan yang kokoh secara struktural untuk menopang kolam.

Apa Saja Faktor yang Mempengaruhi Pembangunan Kolam Renang Rooftop?
Sebelum memutuskan untuk membangun kolam renang rooftop, dilansir dari situs 
theconstructor.org, beberapa faktor penting yang harus diperhatikan adalah:
  • Kemampuan bangunan untuk menopang kolam renang
  • Perlindungan bangunan terhadap kebocoranIzin dan izin untuk membangun kolam renang
  • Perlu penambahan perkuatan struktur bangunan untuk menopang kolam

Setelah memutuskan kebutuhan kolam renang atap, penting untuk memilih kontraktor yang tepat dengan keahlian yang relevan. Kontraktor atau insinyur berpengalaman memastikan bahwa kondisi bangunan baik dan menguntungkan untuk pembangunan kolam.

Bahan Apa yang Digunakan Untuk Membangun Kolam Renang di Atap?
Andi Pool (Jasa Pembuatan, Perawatan, dan Renovasi Kolam Renang, Kolam Ikan Hias Koi, Kolam Taman Air, Kolam Kaca, dan Kolam Alami di Kota Surabaya)

Bahan yang paling populer digunakan untuk kolam untuk mencegah kebocoran adalah campuran beton bertulang.
Membangun kolam renang atap beton memberikan beban besar pada struktur yang ada. Sebuah bangunan dengan fondasi yang lemah dapat runtuh jika tidak dirancang untuk menahan beban tersebut. 

Jadi, saat ini, stainless steel digunakan untuk konstruksi kolam inground dan rooftop.
Kolam renang stainless steel ringan dan tetap kuat untuk jangka waktu yang lebih lama. Kolam renang atap baja tahan karat terdapat di dalam struktur yang diperkuat dengan rangka baja yang kokoh.

Jika anda memiliki pertanyaan lebih lanjut tentang pemasangan kolam, pastikan untuk menghubungi kami. Kami menawarkan konsultasi telepon gratis untuk menentukan dengan tepat apa yang anda cari dari kolam renang anda dan mencocokkan anda dengan kolam renang terbaik untuk rumah dan keluarga anda. Kami menawarkan proses desain yang mendalam dan opsi pembiayaan untuk membuat proses ini bebas stres bagi anda.

Atau anda tertarik untuk memperbaiki atau membangun kolam? Hubungi kami untuk mendapatkan kolam impian anda. Di Jasa Kolam Surabaya, paket yang kami tawarkan untuk sebuah project maintenance Kolam Renang berkisar antara Rp 250.000 hingga Rp 500.000 per sesi. Jika anda tertarik untuk menggunakan jasakolam.com sebagai mitra perawatan Kolam Renang anda. Jangan ragu untuk menghubungi Customer Service kami di Tombol Whatsapp pada Halaman situs ini!