5 Jenis Heater pada Kolam Renang

Jenis Heater Kolam Renang

Jenis Heater Kolam Renang, Pemanas Kolam Renang Tenaga Surya, Pemanas Kolam Renang Gas, Pemanas Air Kolam Renang, Heat Pump Water Heater, Air Conditioning Water Heater, Electric Heater, Gas Water Heater, Solar Water Heater
Heater Kolam Renang | www.jasakolam.com

Andi Pool Contractor (Jasa Pembuatan, Perawatan, dan Renovasi Kolam Renang, Kolam Ikan Hias Koi, Kolam Water Park, Kolam Renang Kaca, dan Kolam Alami di Kota Surabaya) - Heater merupakan alat yang berfungsi untuk memanaskan air kolam hingga mencapai suhu tertentu. Alat ini digunakan untuk pembuat air kolam menjadi hangat. Apa saja jenis heater yang bisa anda pilih untuk kolam renang? Sebelumnya kami di Jasa Kolam Surabaya via jasakolam.com telah secara khusus membahas tentang sirkulasi kolam dengan return inlet. Nah, kali ini kami akan menjelaskan pada anda 5 jenis heater kolam renang. Berikut ulasannya.

5 Jenis Heater Kolam Renang
Jenis Heater Kolam Renang, Pemanas Kolam Renang Tenaga Surya, Pemanas Kolam Renang Gas, Pemanas Air Kolam Renang, Heat Pump Water Heater, Air Conditioning Water Heater, Electric Heater, Gas Water Heater, Solar Water Heater
Jenis Heater Kolam Renang | www.jasakolam.com

Ada beberepa jenis heater kolam renang yang bisa dipilih. Semua heater ini menawarkan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai jenis-jenis heater tersebut, berikut penjelasan mengenai heater kolam renang.

1. Air Conditioning Water Heater
Jasa Kolam Surabaya
Air Conditioning Water Heater | www.jasakolam.com
 
Air conditioning water heater adalah jenis heater yang bekerja menggunakan freon yang dibuang dari AC. Freon yang panas dialirkan ke heart exchanger sehingga akan memanaskan air di tanki penampungan. Kemudian, air akan keluar dari penampungan dalam keadaan hangat.

2. Electric Heater
Jenis heater kolam renang yang kedua adalah heater elektrik. Heater kolam jenis ini menggunakan energi listrik untuk memanaskan air kolam. Cara kerjanya adalah dengan menggunakan elemen-elemen pemanas yang berada di dalam mesin. Alat ini memiliki 2 tipe, yaitu instan elektric water heater dan electric water heater yang dilengkapi dengan penampungan.

Cara kerja instan elektrik water heater adalah mengalirkan air yang sudah dipanaskan oleh heater ke kolam renang. Sedangkan untuk water heater listrik dengan penampungan, cara kerjanya sedikit lebih komplek. Air yang sudah dipanaskan, akan ditampung pada tempat penampungan. Selanjutnya, air akan dialirkan ke kolam jika akan digunakan.

3. Gas Water Heater
Gas water heater adalah heater kolam renang yang menggunakan gas sebagai sumber energi untuk menghangatkan air. Gas yang digunakan bisanya berasal dari gas elpiji atau gas alam. Cara kerja mesin ini seperti kompor gas, yaitu dengan cara memanasi pipa tempat jalannya air. Sehingga, saat air keluar sudah dalam keadaan hangat. 

4. Solar Water Heater 
Jasa Pemasangan Heater Kolam Renang
Solar Water Heater | www.jasakolam.com
 
Jenis berikutnya adalah solar water heater atau heater dengan tenaga matahri. Seperti namanya, alat ini memanfaatkan tenaga matahari sebagai pemanas. Cara kerjanya adalah dengan memanaskan air yang mengalir di pipa dengan bantuan energi matahari. Kemudian, air tersebut ditampung pada tempat penampungan sebelum akhirnya dipergunakan.

Solar water heater ini terbagi menjadi 2 sistem, yaitu sistem pasif dan sistem aktif. Sistem pasif digunakan untuk skala kecil yang biasanya dipakai untuk rumah tangga. Sedangkan sistem yang aktif digunakan untuk skala besar seperti hotel dan rumah sakit.

5. Heat Pump Water Heater
Jasa Pembuatan Kolam Renang Air Panas
Aquatec Heat Pump Water Heater | www.jasakolam.com
 
Jenis heater kolam renang yang terakhir adalah heat pump water heater. Alat ini memiliki cara kerja yang hampir sama dengan air conditioning water heater. Keduanya sama-sama menggunakan freon. Hanya saja, untuk heat pump sudah dirancang khusus untuk penghangat air. Sementara pada air conditioning water heater, heater memanfaatkan AC yang sudah ada.

Penutup
Nah, itulah tadi beberapa jenis heater kolam renang yang sudah dirangkum jasakolam.com. Ada air conditioning water heater, electric water heater, hingga heat pump water heater. Heater mana yang paling cocok untuk anda? Anda bisa menghubungi kami untuk sekedar berkonsultasi. Selain itu Jasa Kolam Surabaya juga menyediakan pembangunan kolam air hangat dengan harga terjangkau.

Demikian artikel dari jasakolam.com sampai jumpa di artikel kami selanjutnya!