Perbedaan Kolam Renang Skimmer dan Overflow

Perbedaan Kolam Renang Skimmer dan Overflow: Kelebihan dan Kekurangan

Perbedaan Kolam Renang Skimmer dan Overflow

Andi Pool Contractor (Jasa Pembuatan, Perawatan, dan Renovasi Kolam Renang, Kolam Ikah Hias Koi, Kolam Water Park, Kolam Renang Kaca, dan Kolam Alami di Kota Surabaya) - Memilih jenis kolam renang yang tepat merupakan keputusan penting, karena kolam renang merupakan investasi jangka panjang. Memiliki kolam renang pribadi merupakan impian banyak orang bukan?. 
Perbedaan Kolam Renang Skimmer dan Overflow

Di artikel sebelumnya kami di @jasakolamsub telah membagikan informasi tentang Kolam Renang Minimalis di Rumah. Dan, artikel kali ini membahas perbedaan antara dua jenis kolam renang yang populer: skimmer dan overflow. Simak terus ulasan kami berikut ini!

Perbedaan Kolam Renang Skimmer dan Overflow



Perbedaan Kolam Renang Skimmer dan Overflow

Kolam renang overflow memiliki ciri khas air yang meluap dari tepi kolam, menciptakan efek estetis seperti air terjun. Sistem sirkulasi airnya menggunakan bak penampung (balancing tank) untuk menampung air yang meluap, kemudian menyaringnya dan memompanya kembali ke kolam. Kolam renang ini memberikan kesan modern, mewah, dan minimalis, cocok untuk hunian dengan desain modern. Kelebihannya adalah estetika yang indah, air yang lebih jernih karena sirkulasi yang konstan, dan permukaan air yang selalu rata. Kekurangannya adalah biaya pembuatan dan perawatan yang lebih mahal, membutuhkan ruang lebih besar untuk bak penampung, dan suara gemericik air yang konstan.

Kolam renang skimmer memiliki sistem sirkulasi air yang lebih sederhana. Air permukaan kolam dihisap oleh skimmer, disaring, dan dialirkan kembali ke kolam. Kolam jenis ini lebih hemat biaya dan ruang dibandingkan kolam renang overflow. Skimmer cocok untuk berbagai desain hunian dan budget. Kelebihannya adalah biaya pembuatan dan perawatan yang lebih murah, tidak memerlukan ruang tambahan, dan tidak menghasilkan suara gemericik air. Kekurangannya adalah estetika yang kurang menawan dibandingkan kolam renang overflow, air yang tidak selalu jernih karena sirkulasi yang tidak konstan, dan permukaan air yang dapat turun karena penguapan. Mari kita ulas lebih lanjut!

Perbedaan utama antara kolam renang skimmer dan overflow terletak pada sistem sirkulasi airnya:

Skimmer

  • Air permukaan kolam renang ditarik ke dalam skimmer box yang terletak di dinding kolam.
  • Air kemudian disaring dan dialirkan kembali ke kolam melalui lubang keluar.
  • Permukaan air kolam skimmer lebih rendah daripada bibir kolam.


Overflow

  • Air kolam renang meluap (overflow) dari bibir kolam dan masuk ke talang (gutter) di sekeliling kolam.
  • Air kemudian disaring dan dialirkan kembali ke kolam melalui balancing tank.
  • Permukaan air kolam overflow selalu rata dengan bibir kolam.

Kelebihan dan Kekurangan


Skimmer


Kelebihan

  • Biaya pembangunan lebih murah
  • Perawatan lebih mudah
  • Hemat ruang

Kekurangan

  • Permukaan air kolam tidak selalu terlihat bersih karena kotoran dan debu dapat mengendap di dasar kolam
  • Sistem penyaringan tidak seefektif overflow

Overflow


Kelebihan

  • Tampilan kolam lebih estetis karena air selalu terlihat bersih
  • Sistem penyaringan lebih efektif
  • Memberikan efek infinity pool


Kekurangan

  • Biaya pembangunan lebih mahal
  • Perawatan lebih rumit
  • Membutuhkan ruang lebih banyak

Penutup


Perbedaan Kolam Renang Skimmer dan Overflow

Pada akhirnya, pilihan jenis kolam renang yang tepat tergantung pada preferensi, anggaran, dan ruang yang tersedia. Konsultasikan dengan ahli desain kolam renang untuk mendapatkan saran terbaik. Kedua jenis kolam renang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pilihan jenis kolam renang yang tepat tergantung pada preferensi, anggaran, dan ruang yang tersedia. 
Konsultasikan dengan ahli desain kolam renang untuk mendapatkan saran terbaik tentang jenis kolam renang yang sesuai dengan kebutuhan anda. 

Perbedaan Kolam Renang Skimmer dan Overflow

Pertimbangkan faktor-faktor seperti biaya pembangunan, perawatan, dan ruang yang tersedia sebelum membuat keputusan. Kolam renang semi-overflow merupakan alternatif yang menggabungkan beberapa kelebihan dari kolam renang skimmer dan overflow. Jenis kolam renang lain yang perlu dipertimbangkan adalah kolam renang laguna dan kolam renang renang dengan sistem sirkulasi air alami. Kedua jenis kolam renang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pilihan jenis kolam renang yang tepat tergantung pada budget, desain hunian, dan preferensi pribadi. Sistem Sirkulasi Air. Semoga informasi ini bermanfaat. See you!

Andi Pool Contractor (Jasa Kolam Surabaya)



Pricelist


Daftar Harga Jasa Pembuatan, Perawatan dan Renovasi Kolam di Andi Pool Contractor - Jasa Kolam Surabaya ya (Daftar Harga)

Contact



Address


Alamat : Jalan Simo Gunung Kramat Barat G No.27, Jawa Timur 60255 (Google Maps)

Blog Roll


Daftar Artikel Terbaru dari Official Situs Andi Pool Contractor - Jasa Kolam Surabaya (Daftar Artikel)